Teknologi Atasi Masalah Pendidikan


NUSA DUA,(PR).- Teknologi dapat menjadi solusi masalah pendidikan. Terutama dalam membuka akses pendidikan menjadi lebih luas dan terbuka.
Salah satu bentuk perluasan pendidikan melalui teknologi, adalah pembuatan platform atau wadah untuk menyediakan data informasi terkait pendidikan.
CEO ruangguru,com Belva Devara menuturkan platform digital dapat dibangun untuk menjawab permasalahan distribusi informasi pendidikan yang selama ini dihadapi masyarakat. Apalagi generasi muda saat ini yang sudah sangat terbiasa dengan pemanfaatan teknologi digital, sehingga sangat memungkinkan proses transformasi pendidikan ke budaya digital.
"Karakter yang ditekankan dalam ruangguru.com adalah soal memberikan akses yang lebih terbuka, kolaborasi, dan juga partisipasi publik," tuturnya dalam simposium 'Culture in The Digital World', World Culture Forum 2016, di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu, 12 Oktober 2016.
Dalam platform ruangguru.com para murid, guru, dan orang tua bisa mengakses ratusan ribu soal-soal mata pelajaran mulai dri tingkat SD hingga SMA/SMK. Tidak hanya itu, dengan terlebih dulu melakukan pendaftaran dalam platform tersebut para murid juga bisa mengajukan pertanyaan terkait soal-soal mata pelajaran, dan sebaliknya guru-guru bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.
Saat ini terdapat 400.000 pelajar yang terdaftar sebagai pengguna platform ruangguru.com, sementara guru terdaftar sebanyak 50.000. Belva mengakui kendala yang dihadapi dalam pengembangan platform yang dibangunnya adalah masalah infrastruktur dan juga jaringan internet yang belum merata ke seluruh daerah di Indonesia.***

Comments
0 Comments